Sabtu, 03 September 2016

Dokter Muda KKS 1 Ilmu Obstetri dan Ginekologi (29 Juni 2015-4 September 2015)

Pengumuman telah keluar dan kami ditempatkan di stase Obstetri dan Ginekologi atau dikenal dengan bagian Kebidanan dan Kandungan. Stase yang menurut senior-senior terdahulu merupakanidur bagian yang lumayan santai dan nyaman. Stase yang dipenuhi oleh pasien-pasien perempuan, termasuk ibu-ibu hamil. Kami menjalani bagian ini selama 10 minggu. Pada bagian ini, kami bertugas di beberapa ruangan. Waktu bertugas adalah saat jam Wajib Hadir (WH) yaitu dari jam 08.00-14.00 WIB dan jam jaga malam yaitu dari jam 14.00-08.00 ditambah WH hari berikutnya. Sementara pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, jam jaga tetap berlaku bagi yang bertugas saja yaitu dari jam 08.00-jam 08.00 hari berikutnya atau 24 jam. Ruangan Co-Ass di bagian ini adalah yang paling nyaman, karna dilengkapi AC, TV, kulkas, tempat tidur springbed, ambal tidur serta bantal dan selimut, meja dan kursi belajar, piring dan gelas, kamar mandi, sofa dan meja diskusi, serta lemari buku dan baju. Sudah seperti kamar kost high class atau apartemen aja ya, hehehe. Betah rasanya lama-lama di ruangan itu.





Stase ini memiliki beberapa ruangan dan beberapa diantaranya adalah tempat kami bertugas yaitu:

1. Ruang Bersalin/ VK. Ini merupakan ruangan tempat ibu-ibu hamil yang akan menjalani masa-masa persalinan. Biasanya ditangani oleh bidan, dokter umum, dan dokter muda. Saya bertugas di tempat ini selama 5 minggu, baik itu di jam WH (Wajib Hadir) maupun jaga malam. Disini saya bertugas membantu dan menangani berbagai persalinan. Namun, pada saat itu, pasien yang memilih bersalin di RS belumlah banyak, mungkin sebagian memilih ke klinik Bidan atau RS terdekat.
2. Poli KB. Disini tempat konsultasi mengenai KB bagi keluarga yang ingin ber-KB. Yang bertugas adalah bidan senior. Tidak ada coass di ruangan ini.
3. Ruang Nifas. Ini merupakan ruangan bagi ibu-ibu yang memiliki masalah-masalah kebidanan maupun kandungan, termasuk yang baru siap menjalani operasi. Yang bertugas di bagian ini adalah dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter umum, dokter muda, bidan, serta perawat. Saya bertugas di bagian ini selama 3 minggu. Bagi saya, ruangan ini merupakan yang paling menarik selama di bagian ini, karena selain mendapatkan banyak pengalaman, ilmu dan kasus, bidan dan perawat di sana juga sangat baik dan ramah.
4. Poli Kandungan. Ini merupakan tempat bagi pasien rawat jalan maupun ibu-ibu hamil yang ingin mengontrol perkembangan kehamilannya. Yang bertugas disini adalah dokter spesialis, dokter muda, serta bidan senior. Tugas kami disini adalah melakukan anamnesis serta pemeriksaan fisik awal pada setiap pasien, sebelum selanjutnya dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis di ruangan periksa. Saya bertugas di bagian ini selama 2 minggu.
5. Ruang Operasi. Disini tempatnya untuk melakukan tindakan operasi bagi pasien-pasien kandungan. Operasi yang dilakukan seperti Sectio Caesaria (SC/ Sesar), Histerektomi, dll. Pasien dapat berasal dari Ruang Nifas maupun dari Ruang Bersalin. Kami menjalani tugas di ruangan ini bersamaan dengan saat bertugas di Ruang Bersalin. Tugas kami disini adalah sebagai asisten operator pada saat operasi.



Awalnya saya masih sangat kaku dan bingung, terutama ketika menerima pasien untuk pertama kali, namun lambat laun saya mulai terbiasa dan tidak canggung lagi saat menerima pasien baru. Terdapat 3 dokter spesialis di bagian ini, dan disini mereka adalah sebagai dokter pembimbing/ Preseptor kami selama menjalani pendidikan di bagian ini, beliau adalah guru-guru kami disini, beliau adalah
1. dr. Cut Elfina Zuhra, Sp.OG, selaku kepala bagian.
2. dr. Nilawati B. Zulkarnain, Sp.OG, beliau adalah preseptor saya.
3. dr. Liza Marosa, M.Ked, Sp.OG

Selama di bagian ini, kami setiap hari diberikan Bed Side Teaching (bimbingan per pasien). Selain bertugas menghadapi pasien, kami juga wajib menjalani tugas-tugas maupun ujian agar dapat melewati bagian ini antara lain Promosi Kesehatan, Presentasi Referat, Presentasi Laporan Kasus, hingga Ujian Pasien. Saya kemudian menyelesaikan tugas dan ujian tersebut dengan judul sebagai berikut.
1. Promosi Kesehatan, berjudul Candidiasis Vaginalis, ini penyakit jamur yang menyerang alat kelamin perempuan.
2. Referat dengan judul Mola Hidatidosa, atau dikenal sebagai hamil anggur.
3. Laporan Kasus dengan judul Intrauterine Fetal Death, atau kematian janin dalam kandungan.
4. Ujian Pasien beserta ujian-ujian lisan.



Yg paling berkesan di bagian ini adalah ketika kami beruntung mendapatkan pasien yang merupakan seorang pengungsi Rohingya dan disertai bayi pertama Rohingya yang lahir di Indonesia, hampir setiap hari datang wartawan ke tempat kami, hingga kami pun ikut difoto dan diabadikan bersama si ibu Rohingya sang pengungsi dari Myanmar ini. Bayi tersebut dinamakan Hasanudin.

Setelah mengarungi suka-duka bertugas di ruangan ini selama 10 minggu, tibalah kami harus mengakhiri masa-masa di bagian ini, dan berlanjut ke bagian selanjutnya. Sekian dulu ya share pengalamannya, ditunggu juga pengalaman kamu, teman-teman sejawat dokter muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar