Sabtu, 03 September 2016

Sarjana Kedokteran hingga KKJ (5 Mei 2015-29 Juni 2015)

Setelah mengarungi masa-masa perjuangan sebagai mahasiswa Pre-Klinik atau mahasiswa biasa, akhirnya saya berhasil mendapatkan titel Sarjana Kedokteran (S.Ked), setelah bersenang-senang melewati masa-masa yudisium dan wisuda, akhirnya tibalah masanya untuk ujian komprehensif untuk memasuki masa co-ass. Setelah berjuang melewati masa-masa ujian, akhirnya tibalah pengumuman dan saya dinyatakan lulus. Selamat datang masa-masa menjadi dokter muda atau co-ass. Selamat datang masa-masa pendidikan klinik.










Sebelum memasuki rumah sakit, kami dibimbing terlebih dahulu dalam suatu pendidikan singkat yaitu Pre-Clerkship, disana kami diajarkan review keterampilan yang akan digunakan selama di rumah sakit, terutama Anamnesis, Pemeriksaan Fisik, Pemeriksaan Penunjang, Penegakan Diagnosis Kerja dan Banding, hingga menentukan Penatalaksanaan dan memperkirakan Prognosis.

Setelah itu, tibalah saatnya untuk memasuki masa pendidikan klinik untuk pertama kali. Bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia, Aceh Utara. Awalnya memasuki rumah sakit, mulai terasa semangat baru muncul untuk menjalani pendidikan yang baru, Yang harus dijalani adalah masa-masa kepaniteraan klinik junior (KKJ) selama 2 minggu. Disana kami dibimbing oleh senior masing-masing bagian/ stase besar mengenai peraturan dan tugas yang akan dilaksanakan di bagian masing-masing.

Setelah melewati masa-masa 2 minggu sebagai KKJ, barulah kami memasuki kepaniteraan klinik senior (KKS). Bagian pertama yang akan kami jalani adalah bagian Obstetri dan Ginekologi (Kebidangan dan Kandungan). Selamat datang masa-masa coass.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar